PT. NEXT MERCURY INDONESIA

nextmercury.com
info@nextmercury.com
 +62 298 325631
+628 5727 1737 88
  7F10A06E
 nextmercury.indonesia



INFRASTRUKTUR JARINGAN I.T.



Sebuah infrastruktur jaringan adalah suatu kelompok sistem komputer saling berhubungan yang terhubung dengan berbagai bagian arsitektur telekomunikasi. Secara khusus, infrastruktur ini mengacu pada organisasi berbagai bagian dan konfigurasi yang di-setup sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, terdiri dari jaringan komputer individu, router, kabel, titik akses nirkabel, switch, backbone, protokol jaringan, dan metodologi akses jaringan. Infrastruktur jaringan dapat berupa infrastruktur terbuka atau tertutup, seperti arsitektur terbuka dari/ke Internet atau arsitektur tertutup (lokal intranet/pribadi) atau kombinasi keduanya.

Bentuk paling sederhana dari infrastruktur jaringan biasanya terdiri dari satu atau lebih komputer, koneksi jaringan baik lokal Intranet atau Internet, dan sebuah switch/hub untuk menghubungkan antar komputer untuk koneksi jaringan dan untuk mengikat berbagai sistem satu sama lain. Perangkat "hub" hanya menghubungkan komputer, tetapi tidak membatasi aliran data ke atau dari satu sistem. Untuk mengontrol atau membatasi akses antara sistem dan mengatur arus informasi, maka perangkat keras "switch" digunakan untuk menggantikan "hub" untuk membuat protokol jaringan menentukan bagaimana sistem berkomunikasi satu sama lain. Untuk memperbolehkan jaringan yang diciptakan oleh sistem ini untuk berkomunikasi dengan orang lain, melalui koneksi jaringan, maka dibutuhkan "router", yang menjembatani jaringan dan pada dasarnya menyediakan bahasa umum untuk pertukaran data, sesuai dengan aturan masing-masing jaringan yang diimplementasikan.

Ketika beberapa komputer dalam satu perusahaan berbagi/sharing koneksi internet yang sama, itu dianggap sebagai bentuk dasar infrastruktur jaringan, apakah komputer juga berbagi informasi dengan satu sama lain. Internet sendiri adalah infrastruktur jaringan yang lebih maju, di mana sistem individu mengakses jaringan global yang menampung informasi tentang berbagai sistem, dan memungkinkan akses menggunakan standar web dan protokol, yang seringkali dibingkai sebagai alamat web, atau biasa dikenal sebagai URL.

Intranet/Lokal di kantor mirip dengan internet global, tetapi beroperasi pada infrastruktur jaringan tertutup yang hanya dapat diakses oleh mereka yang berada di dalamnya. Biasanya intranet terdiri dari pusat data (data center) - di mana satu atau lebih komputer yang dikenal sebagai server - serta ethernet kabel, titik akses nirkabel, router, switch, dan masing-masing komputer dengan akses ke pusat data. Tiap-tiap komputer terhubung ke jaringan baik melalui akses kabel atau nirkabel. Router dan switch kemudian menentukan tingkat akses apa yang mereka diizinkan untuk memiliki, dan bertindak sebagai direktur lalu lintas untuk mengarahkan mereka ke pusat data pada server. Sebagai personal komputer mengirim atau menerima data, router memastikan mencapai tempat yang tepat.

Keamanan jaringan sering menjadi perhatian utama ketika membangun infrastruktur jaringan. Kebanyakan arsitektur menggunakan router dengan firewall built-in, serta perangkat lunak yang memungkinkan dilakukannya fine-tuning akses kontrol bagi para pengguna fasilitas jaringan IT yang ada di dalam perusahaan, monitoring paket data, dan protokol yang berlaku didefinisikan secara ketat. Keamanan infrastruktur jaringan juga dapat dikontrol dengan menyesuaikan sifat berbagi jaringan pada sistem individual, yang membatasi folder dan file yang dapat dilihat oleh pengguna lain di dalam jaringan IT Anda.

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun terkait IT Network Infrastructure dan Internet Security, kami menyediakan "From Scratch to End" implementasi jaringan yang kuat, tangguh dan aman bagi Perusahaan Anda. Dengan didukung oleh tim yang ahli di bidangnya kami menyediakan layanan 1 pintu bagi implementasi infrastruktur IT mulai dari eskalasi, designing, implementasi, administering, dan training bagi perusahaan Anda terkait:
  • Penyediaan perangkat jaringan end-to-end.
  • Pembangunan Wireless Infrastructure (jaringan nirkabel) indoor ataupun outdoor.
  • Instalasi Fiber Optic mulai dari designing, cabling sampai terminasi ke dalam jaringan lokal Anda.
  • Pengadaan Server-server untuk keperluan Data Center, Mail Server, Web Server, Proxy, Firewall, Router & Forwarder, Database, ERP, Active Directory & Sharing, dan lain-lain.
  • Implementasi Virtual Environment dengan ProxMox VE dan implementasi Cloud Computing, selebihnya terkait Cloud Computing silakan baca di sini.
  • Pengadaan Aplikasi/Software pada layer system yang beroperasi di atas jaringan/infrastruktur IT yang terimplementasi di perusahaan Anda.
  • Jasa Partnering/pendampingan untuk melakukan maintenance pada infratsruktur IT di perusahaan Anda, selebihnya terkait jasa partnering silakan baca di sini.

Ingin tahu lebih lanjut, silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan konsultasi mengenai layanan kami ini. Silakan Click di sini.


PRICE: CALL